-->

Sabtu, 23 April 2011

Maag Akut, Sebabkan Muntah Darah

Penyebab timbulnya maag (gastritis) akut disebabkan karena obat-obatan seperti aspirin, obat anti inflaman nooisteroid (Ains), alkohol, stres dan trauma. Keluhan yang sering timbul pada penyakit gastritis akut ini seseorang akan merasa nyeri ulu hati, mual, kembung dan muntah-muntah. Bila penyakit ini dibiarkan dapat mengakibatkan pendarahan saluran cerna bagian atas berupa muntah darah (hematemesis) dan berak darah (melena) yang akhirnya dapat mengakibatkan seseorang menjadi syok hemoragik.

Bila sudah diketahui. Pertolongan atau pengobatan yang paling utama adalah menghindari faktor penyebabnya atau dapat juga dengan diet lambung yakni dengan porsi kecil dan sering. Sementara obat-obatan yang dipergunakan ditujukan untuk mengatur sekres asam lambung seperti antasid. Bila tidak ada perubahan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sedangkan bagi penderita maag (Gastritis) kronis kebanyakan orang hampir tidak memiliki keluhan, namun ada juga yang mengeluhkan nyeri uluhati, mual dan tidak ada nafsu makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar